Home Ruang Rakyat Pendidikan Dan Kesehatan Menjadi Alasan Perpindahan Masyarakat Kampung Siwi Dari Kampung Lama Mereka

Pendidikan Dan Kesehatan Menjadi Alasan Perpindahan Masyarakat Kampung Siwi Dari Kampung Lama Mereka

0
151

Barend Ainusi, Kepala Kampung Siwi

Siwi merupakan salah kampung yang berada di distrik Momi Waren, Kabupaten Manokwari Selatan. Siwi terkenal bagi masyarakat di Manokwari Selatan sebagai salah satu kampung dengan objek wisata air panasnya serta juga hasil pertaniannya yaitu kacang tanah. Kampung Siwi secara administratif berbatasan dengan Kampung Demini disebelah selatan serta Kampung disebelah barat. Letak dari Kampung Siwi sendiri berada tepat di Kaki gunung Kori dan Gunung Taibou yang merupakan beberapa pegunungan yang terkenal pada distrik Momi Waren. Masyarakat asli yang menetap di Kampung Siwi saat ini adalah suku Soubg yang merupakan salah satu suku besar Arfak.

Perpindahan dari masyarakat Kampung Siwi terjadi tahun 1996 silam, dimana saat itu Barend Aiunusi yang sekarang menjabat sebagai Kepala Kampung yang juga adalah aktor yang memfasilitasi perpindahan masyarakat Kampung Siwi menjelaskan bahwa, alasan perpindahan mereka ialah untuk mendapatkan pendidikan dan kesehatan. Barend mengatakan bahwa apabila masyarakat tidak pindah dari kampung lama mereka, maka mungkin tidak pernah bangkit dari keterbelakangan. Situasi saat itu kemudian yang mendorong dan memaksa mereka untuk segera berpindah dari Siwi Gunung menuju Kampung Siwi saat ini.

Kampung lama Siwi sendiri adalah Siwi Gunung yang terletak di bawah kaki Syorib dan letaknya berjarak 4 Km dari Kampung

Anak-Anak Di Kampung Siwi Gunung

Aryawinmoho di distrik Nenei. Lokasi Siwi Gunung yang berada di kawasan pegunungan dan sangat terpencil, sehingga akses menuju lokasi Siwi Gunung masyarakat harus berjalan kaki dengan menyusuri jalan setapak baik dari Momi Waren maupun dari Nenei.Pada saat perpindahan dari kampung lama yaitu Siwi Gunung menuju Momi Waren yaitu Kampung Siwi saat ini, Barend Ainusi bersama masyarakat meminta izin kepada pemilik hak yaitu keluarga Demianus Aiunusi untuk mendirikan Kampung ditengah Kampung Waren dan Dembek. Karena saat itu diwilayah Momi Waren yang adalah wilayah Kecamatan dan hanya terdiri dari 3 Kampung saja yaitu Kampung Dembek Waren dan Momi. Proses perpindahan masyarakat Siwi Gunung tidak hanya di izinkan oleh para pemilik hak tanah yang mereka tempati, Bapak Sirus Marpaung yang menjadi camat Momi Waren saat itu kemudian menerima masyarakat Siwi Gunung dan menetap Kampung Siwi saat ini sebagai Kampung defenitif hingga sekarang. Setelah persetujuan tersebut akhirnya Kampung Siwi dimekarkan sebagai kampung defenitif pada tahun 1996 oleh Camat Momi Waren.

Hingga tahun 2018 ini, kurang lebih sudah 22 tahun sejak kepindahan masyarakat Kampung Siwi dan menetap dan mencapai 60 Kepala Keluarga. Namun dari sekian banyak masyarakat yang pindah, masih ada masyarakat yang memilih untuk menetap di Siwi Gunung. Mereka akan saling mengunjungi antara masyarakat yang berada di Kampung Siwi maupun Siwi Gunung, manakala ada ada pertemuan keluarga, ataupun urusan keluarga.Meskipun berada di 2 lokasi, namun keberadaan masyarakat di Kampung Siwi adalah bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Si Gunung. Masyarakat yang memilih menetap di Siwi Gunung kurang lebih mencapai 20 Kk dan keberadaan mereka sendiri masuk dalam wilayah dusun Kampung Siwi yaitu dusun Sugemes dan dusun Ruar Mer yang berada di Siwi Gunung.

Suasana Lokasi Siwi Gunung

The post Pendidikan Dan Kesehatan Menjadi Alasan Perpindahan Masyarakat Kampung Siwi Dari Kampung Lama Mereka appeared first on Papuamnukwar.

Load More Related Articles
Load More By Papuamnukwar
Load More In Ruang Rakyat

Check Also

Moratorium Sawit Dalam Inpres No 8 Tahun 2018

Inpres (Instruksi Presiden) Nomor 8 Tahun 2018 yang diterbitkan presiden Joko Widodo pada …